BANK OTAK? EMANG ADA? - YA ADA DONG YUK INTIP-INTIP DISINI


Judul : BANK OTAK? EMANG ADA? - YA ADA DONG YUK INTIP-INTIP DISINI
link : BANK OTAK? EMANG ADA? - YA ADA DONG YUK INTIP-INTIP DISINI


BANK OTAK? EMANG ADA? - YA ADA DONG YUK INTIP-INTIP DISINI

Bank Otak,Imperial College London
Pamanyan.blogspot, Dizaman semodern ini udah gak etis kalau kita hanya mengenal bank yang difungsikan hanya untuk menyimpan uang.Sebab kalau kita main-main ke Imperial College,London di Inggris kita bakal nemuin yang namanya "Bank Otak".Iya bank otak,ini serius loh.Tempatnya ini bernama Harvard Brain Tissue Resource Center (HBTRC) yang merupakan bagian dari McLean Hospital dan dikenal sebagai bank otak terbesar di dunia yang menyediakan pasokan sampel otak manusia untuk tujuan penelitian para ilmuwan di seluruh dunia.
Penasaran bagaimana keadaan didalamnya? yuk langsung cekidots :

#1. Tempat penyimpanan otak yang siap untuk diteliti
Jadi otak-otak disini gunanya untuk penelitian tentang isu penyakit saraf dan parkinson di inggris.

#2. Otak yang baru didapatkan
Otak-otak ini didapatkan dari para pendonor yang siap untuk mendonorkan otaknya kapanpun mereka meninggal.Tentunya dengan izin dari pihak keluarga.Otak-otak dari pendonor akan dibawa ketempat ini dalam waktu kurang dari 48 jam.

#3. Pengelolaan Otak untuk diteliti
Bank otak ini dikelola oleh seorang profesor neuropathology bernama Steve Gentlemen.Ia akan menyortir,mengiris,dan menyimpan setiap otak yang datang kedalam wadah khusus mirip tempat penyimpanan makanan yang kemudian otak-otak ini akan diteliti untuk pengobatan saraf,parkinson,alzheimer,demensia,dan lain-lain.

#4. Wadah penyimpanan
Otak-otak yang diteria sebelumnya akan disimpan terlebih dahulu di sebuah wadah yang mirip dengan tempat cat besar.

#5. Otak akan diiris sebelum digunakan
Sebelum digunakan otak-otak ini akan diris-iris terlebih dahulu,dari pengakuan Profesor steve saat mengiris otak ia merasa seperti mengiris buah melon.

#6. Ribuan Otak yang tersimpan
Sejak bank otak ini dibuka pada tahun 1978, sudah lebih dari 9.000 otak yang didistribusikan oleh HBTRC kepada para ilmuwan diseluruh dunia yang membutuhkan sampel otak untuk program penelitian.